agar bunga mawar berbunga besar

Tips Penting Budidaya Tanaman Hias untuk Pemula

Budidaya tanaman hias adalah kegiatan yang sangat mengasyikkan utamanya saat pandemi Covid-19 masih melanda dimana aktifitas di rumah sangat ditekankan. Menanam tanaman hias adalah tren bermanfaat yang meningkat peminatnya. Tidak cuma untuk hiburan, budidaya tanaman hias pun bisa dijadikan peluang bisnis yang sangat profitable.

Baca juga, Lagi nyari jual karangan bunga bisa cek di Aliciaflorist.com

Bilamana Anda pun mulai tertarik dengan aktifitas yang satu ini, belajar dasar-dasar budidaya adalah hal penting yang harus dilakukan. Prosedur merawat tanaman hias tentu tak bisa disamakan dengan merawat tanaman buah. Teknik bagaimana supaya tanaman hias dapat tumbuh dengan subur dengan bunga cantik harus dikuasai oleh pemula. Poin-poin penting yang harus dikuasai adalah sebagai berikut :

Pemilihan Jenis Tanaman Hias

Bagi pemula sebaiknya mencermati dan mengikuti saja jenis tanaman hias apa yang sedang tren saat ini. Hal tersebut perlu dilakukan bila hendak menjadikannya sebagai sebuah bisnis. Tanaman hias yang sedang tren tentu akan banyak dicari dan harganya pun lumayan mahal sehingga keuntungan yang akan didapat pun besar. Karenanya awali langkah dengan mengenal karakteristik dan syarat hidup tanaman hias tersebut. Bila tak ingin mengikuti tren, pilih jenis tanaman hias yang abadi misalnya mawar, anggrek, atau sukulen.

Tentukan Wadahnya

Tanaman hias akan sempurna keindahannya jika ditempatkan dalam wadah yang sesuai. Biasanya yang digunakan adalah berbagai model pot atau bahkan mug. Pilih pot disesuaikan dengan ciri khas tanaman hias tersebut. Memilih wadah tidak boleh yang kelewat besar atau sebaliknya terlalu mungil. Aspek tersebut akan berdampak ke pertumbuhan akar. Wadah kekecilan bisa mengganggu pertumbuhan akar dan juga pertumbuhan tanaman secara keseluruhan.

Manajemen Perawatan

Dalam budidaya tanaman hias, penggunaan manajemen perawatan sangat penting. Jadi sudah ada jadwalnya kapan menyirami, memupuk, sampai mengganti media tanam. Untuk penyiraman misalnya dilakukan rutin dua kali sehari di pagi lalu sore hari. Manfaatkan air bersih ketika menyiram sehingga daun-daun tanaman hias pun bersih dari debu yang menutupi.

Pemupukan berguna untuk pasokan nutrisi tambahan yang akan menunjang pertumbuhan tanaman hias. Pupuk yang diberikan adalah yang mengandung unsur Nitrogen Phospor, dan Kalium (NPK). Penggantian tanah baru pun penting sebab tanah yang lama dengan berjalannya waktu akan makin miskin unsur hara. Kebutuhan air akan sangat tergantung dari karakteristik jenis tanaman hias yang ditanam. Ada yang butuh kelembaban tinggi dan ada yang hanya perlu sedikit air.

Pemangkasan

Teknik memangkas tanaman hias agar terlihat estetis pun penting dikuasai. Tanaman hias dengan tampilan estetis tentu berharga mahal. Dalam memangkas, pakai gunting tajam yang akan menghasilkan kesan tegas. Pengurangan kuncup dan bunga pun perlu dilakukan agar bunga yang masih ada dapat tumbuh dengan maksimal. Kecuali itu, tidak boleh ketinggalan memangkas daun-daun atau bunga kering sehingga tak merembet ke samping-sampingnya.

Mengenal Manfaat Tanaman Hias

Tak hanya menguasai cara budidaya tanaman hias, manfaatnya pun mesti diketahui. Pengetahuan manfaat tanaman hias akan sangat berguna saat menjelaskannya ke konsumen yang akan membeli. Berbagai manfaat tanaman hias yang utama adalah :

#Meminimalkan debu dalam ruang : Tanaman hias sering dimanfaatkan untuk penyaring udara atau pelembab udara alami sekaligus murah. Kandungan air dalam tanaman hias bisa membuat seimbang kelembaban udara sebab mereka menguapkan 95 % air yang dimilikinya ke udara sebagai bagian dari proses biologis.

#Menyerap suara bising : tanaman hias juga bermanfaat menyerap suara bising dari luar, misalnya jenis rubber plants mampu menyerap gelombang suara.

#Menyerap aroma busuk : tanaman hias juga bisa menetralisir aroma tak sedap misalnya dari kamar mandi atau dapur. Jenis tanaman hias seperti mawar atau lily menghasilkan aroma harum yang akan menutupi bau tak sedap.

#Menghasilkan oksigen : proses fotosintesis tanaman hias membutuhkan karbondioksida dan menghasilkan oksigen. Seperti diketahui karbondioksida dengan konsentrasi tinggi di dalam ruangan bisa mengakibatkan orang mudah letih yang akan mengganggu produktivitas. Sementara oksigen sangat dibutuhkan manusia dalam pernafasan untuk menghasilkan energi.

#Efek psikologis : ketika tengah suntuk, memandang tanaman hias yang cantik segera dapat membuat otak dan mental rileks.

Demikian, terimakasih untuk Aliciaflorist yang telah di percaya sejak lama untu urusan karangan bunga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *